Pilihan Bahasa: Bahasa Indonesia | English

Bimbingan dan Konseling

Bimbingan dan konseling merupakan jenis pelayanan kepada mahasiswa dalam masalah masalah baik akademik maupun non akademik yang bertujuan untuk membantu tugas dan wewenang dosen wali. Bimbingan dan konseling merupakan upaya proaktif dan sistimatik dalam memfasilitasi mahasiswa mencapai tingkat perkembangan yang optimal, pengembangan perilaku yang baik sesuai norma akademik dalam lingkungan kampus, menjunjung tinggi etika dan moral, maupun norma agama secara umum.

Tugas tugas dari dosen konseling adalah:

  1. Menyediakan layanan bimbingan dan konseling secara umum, yang bertujuan membantu mahasiswa dalam rangka pengembangan pribadi, social, studi dan karir selama studi.
  2. Secara khusus, Dosen Donseling bertujuan membantu mahasiswa dalam:
    1. Membantu dosen wali akademik untuk mengembangkan potensi mahasiswa di dalam bidang akademik, dan dosen kemahasiswaan dalam bidang non akademik.
    2. Mendampingi dosen wali akademik untuk memecahkan persoalan yang dihadapi dalam masalah-masalah akademik.
    3. Membantu Prodi dalam memecahkan persoalan-persoalan pelanggaran etika dan moral yang dilakukan oleh mahasiswa baik perseorangan maupun kelompok.
    4. Menyelenggarakan program-program bimbingan untuk membina mahasiswa secara mental dan spiritual, melalui program keagamaan atau pengembangan motivasi bekerjasama dengan fihak-fihak terkait.

Jam kerja Tim bimbingan dan konseling:

Hari:Senin-Jum’at di luar waktu mengajar
Jam:08.00-13.30 WIB
Tempat:Dosen BK Jurusan di ruang dosen tiap jurusan
Dosen BK Fakultas di ruang kerja Dosen BK Fakultas

Bagar alur kegiatan dosen bimbingan dan konseling.


Mahasiswa yang mempunyai masalah baik akademik maupun non akademik dan setelah diberi treatment oleh dosen bimbingan dan konseling tetapi pada akhirnya mengundurkan diri harus membuat surat pengunduran diri yang ditujukan kepada Dekan FTIK dan diketahui oleh ketua jurusan dan ketua divisi Bimbingan dan konseling.